gmim.or.id – Kamis (30/8) s/d Jumat (31/8) 2018, Komisi Pelayanan Anak (KPA) Sinode GMIM melaksanakan Training of Trainer (ToT) di Alamanda Lokon Resort Kakaskasen Tomohon.  Diikuti jajaran KPA Sinode GMIM bersama Sekretaris Pokja (sekja), ToT ini dibuka dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Laurine Muntu, M.Th (Pendeta Kategorial Anak Sinode GMIM).

Ketua KPA Sinode GMIM Pnt. Michael Mait, S.Kom mengatakan,  ToT ini adalah upaya Bidang Pendidikan dan Latihan (diklat) KPA Sinode GMIM untuk mempersiapkan para Penatar/Calon Penatar, sekaligus membekali para penatar yang dalam kesehariannya adalah Guru Sekolah Minggu (GSM).  “Selama 2 (dua) hari, dengan para narasumber yang berkompeten, para peserta dibekali dengan pengetahuan hingga teknik menyajikan materi dengan menarik. Dengan harapan, ketika peserta ToT tampil membawakan materi nantinya, apa  yang dipaparkan mampu diserap dengan baik oleh peserta Penataran Guru Sekolah Minggu (PDGSM) atau Latihan Kepemimpinan Pelayan Anak (LKPA) maupun pelatihan lainnya.” ujar Engku Michael sapaan akrabnya.

Sementara itu, Anggota KPA Sinode GMIM Pnt. Rudij Roring, SE selaku penanggung jawab Bidang Diklat mengatakan,  setidaknya ada 6 (enam) materi yang disampaikan pada ToT tersebut. “Yang pasti, materi-materi itu erat keterkaitannya dengan tugas dan fungsi seorang Penatar.  Para Penatar, lewat ToT ini semakin diperlengkapi dengan wawasan, teknik menyampaikan materi dan cara berkomunikasi ketika menyampaikan materi.” ujar Ketua KPA Wilayah Manado Malalayang ini.

Diketahui, 6 (enam) materi tersebut adalah Spiritualitas Kristiani yang dibawakan oleh Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. Hein Arina,  Kompetensi Dasar Seorang Pengajar-Drs. David Legi, Pengaruh IT Bagi Perkembangan Pelayanan Anak-Stanley Karouw, ST,M.TI, Bagaimana Mendesign Materi Yang Berperspektif Anak Menuju Gereja Ramah Anak (GRA)- Pnt. Michael Mait, S.Kom,  Mekanisme Penyusunan, Penyajian dan RTL serta Bedah Umum Materi Penataran/Pelatihan-Pdt. Marshel Meruntu, M.Th, dan Membangun Komunikasi Yang Baik antar Personal yang disajikan oleh Drs. Max Rembang menjadi materi terakhir. Sementara Kapita selekta A dan B (Kelompok Motivasi, Pengetahuan, Ketrampilan) oleh seluruh peserta bersama narasumber Dra. Selvie Tetengean, MSi.

(Penulis dan Foto: Frangki Noldy Lontaan. Editor: Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th)