Lebih dari Pemenang

Roma 8:37

Kita pernah terpukau dengan film “Superman”, seorang manusia super dari luar planet bumi tetapi peduli dengan manusia di bumi. Begitu juga dengan cerita-cerita superhero lainnya, seperti: “Satria Baja Hitam” – dengan semboyan “berubah”, Naruto, Hulk, Avenger, Captain of Amerika dan masih banyak lagi. Intinya, kita melihat seseorang yang lebih dari biasanya, yang menjadi “superhero” atau “pahlawan”, sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Paulus menyimpulkan bahwa hidup orang percaya bukan hanya sekedar menang tetapi “super menang” (Yunani: hupernikômen) dalam realitas hidup ini. Artinya lebih dari pemenang karena telah melewati berbagai penderitaan untuk menuju kedewasaan dan kesempurnaan hidup di dalam kasih Kristus. Allah mengasihi kita  karena Dia terlebih dahulu mengasihi kita dan kitapun mengasihi Dia. Allah turut bekerja dalam rencana-Nya yang mendatangkan kebaikan. Allah mengaruniakan kejayaan kepada orang percaya yang tetap dalam keyakinan iman di tengah tantangan, hambatan, tekanan dan penderitaan iman. Orang percaya dipilih dan ditentukan dari semula untuk dipanggil, dibenarkan dan dimuliakan dalam kerajaan-Nya. Paulus mengangkat makna kemenangan di dalam Kristus jauh lebih tinggi dan lebih luas dari makna kemenangan biasa yang dialami manusia.

Sebagai keluarga Kristen kita diingatkan bahwa dalam menjalankan hidup bukan hanya menekankan kualitas  orang percaya tetapi terutama pada kasih Allah. Semua hanya karena anugerah-Nya kepada setiap orang.  Itulah yang menjadikan kita lebih dari orang-orang yang menang; lebih dari pemenang atau menjadi “super menang”. Amin.

Doa: Ya Tuhan, tolonglah kami untuk tetap setia dalam menjalani hidup apapun bentuknya,  sehingga kami menjadi lebih dari pemenang. Amin.