Tuhan Datang Sebagai Hakim

Matius 16:27

Manusia ingin dihormati dan dimuliakan, karena mendatangkan rasa kebanggaan tersendiri dan diperhatikan. Kehidupan  manusia akan menjadi berarti dan bermakna ketika ia memasrahkan  hidupnya dalam pengaturan Tuhan.

Dalam bacaan kita hari ini Matius  memberi penjelasan bahwa Yesus sebagai Anak Manusia yang tidak lama lagi bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya akan datang dengan kuasa-Nya. Pada waktu itu Ia akan membalas tiap-tiap orang sesuai dengan perbuatannya. Hal inilah yang di maksudkan supaya selama manusia masih berada di dunia ini harus melakukan apa yang baik dan berkenan kepada Tuhan, sebab sekali kelak akan mempertangungjawabkan perbuatan dan prilakunya yang baik atau jahat. Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya dan datang di antara  manusia dengan menunjukan kekuasaan dan kemegahan serta keagung Allah. Manusia harus menerima  pangajaran yang sesuai dengan kehendak Bapa. Bagi yang setia  mengikut Yesus, walaupun nyawa taruhannya akan mem-peroleh hidup yang kekal ketika Yesus datang kembali sebagai Hakim yang adil.

Sebagai keluarga Kristen yang sudah menerima anugerah keselamatan yang Tuhan Yesus  berikan, marilah kita berperilaku yang baik kepada Tuhan dan kepada  setiap orang yang kita jumpai. Kita menjadi sangat terhormat apabila tingkahlaku kita sungguh-sungguh nampak dalam praktek hidup sebagai orang percaya. Amin.

Doa: Ya Bapa, kami bersyukur kepada-Mu oleh karena Engkau mengajar kami untuk berperilaku yang baik. Ajar kami untuk menjadi contoh dan teladan dalam hidup keluarga kami sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada-Mu. Amin.