Nyawa Berguna Bagi Tuhan dan Sesama Manusia

Matius 16:26

Kehidupan orang percaya sangatlah berarti untuk membangun hubungan yang baik dengan Tuhan dan sesama manusia. Namun ada saja orang yang  berbuat jahat terhadap kehidupan orang lain.

Bacaan kita hari ini memberi penjelasan tentang makna  kehidupan yang berarti. Matius mengingatkan bahwa siapapun  tidak akan mendapatkan keuntungan kalau dia memperoleh seluruh dunia atau semua yang diinginkannya tetapi kehilangan hidupnya. Hal ini tidak berarti apa-apa. Hal yang perlu ditonjolkan di sini adalah percaya kepada Tuhan Yesus yang datang untuk menyelamatkan nyawa manusia. Rangkaian pemberitahuan penderitaan Kristus mau mene-kankan bahwa hidup ini jauh lebih penting daripada harta benda. Sekalipun harta itu kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan jasmani, tetapi hal yang terpenting adalah memelihara hubungan kita dengan Tuhan dan dengan semua orang di sekitar kita.

Sebagai keluarga Kristen kita terpanggil untuk meng-hargai nyawa atau hidup yang berguna bagi Tuhan dan  sesama manusia. Namun ada saja keluarga yang masih jauh dari persekutuan yang beribadah kepada Tuhan. Memang hidup  kita  di dunia ini hanya sementara saja, tetapi selama masih diberi nafas kehidupan, maka kita harus mengandalkan Tuhan supaya dengan demikian kita memperoleh hidup yang kekal.  Amin.

Doa: Ya Bapa, berilah hikmat kepada kami untuk menyem-bah Engkau dan menghargai hidup orang lain. Ajar kami untuk tidak saling bermusuhan satu dengan yang lain tetapi saling mengasihi hidup ini. Amin.