Yesus Menanggung Banyak Penderitaan

Matius 16:21

Hidup yang dijalani setiap orang percaya tidak terlepas dari  pergumulan dan penderitaan. Hal ini dapat dialami oleh orang kaya maupun yang miskin. Walapun penderitaan tersebut ber-beda-beda apa yang dirasakan oleh setiap orang di muka bumi ini termasuk dalam persekutuan gereja dimana kita menjadi anggota.

Dalam bacaan kita hari ini, Yesus bernubuat dan mem-beritahukan apa yang akan terjadi ketika Ia menghadapi penderitaan dan kematian-Nya. Dalam proses penderitaan Yesus, ada yang  sengaja dilakukan oleh pihak  tua-tua yaitu mereka terpandang di kalangan orang Yahudi yang dikenal sebagai lembaga tertinggi dengan anggota-anggota Mahkamah Agama (Sanhedrin) dan ada imam-imam kepala dimana mereka bertugas mewakili Israel di hadapan Allah serta ada juga ahli Taurat dimana  mereka adalah penafsir resmi kitab suci dan  mempelajari hukum baik tertulis maupun tidak tertulis,  mereka itu sangat setia menerapkan Taurat. Ketiga kelompok ini telah dinubuatkan oleh Yesus seperti yang ditulis oleh Matius. Mereka inilah yang menyerahkan Yesus untuk disalibkan  dan dibunuh dan  bangkit pada hari ketiga. Mereka melakukan perbuatan ini karena  menganggap kehadiran Yesus mengancam kedudukan mereka.

Sebagai keluarga kristen kita diajak untuk memahami bahwa Yesus ditolak dan dibunuh orang Yahudi dengan memperalat tentara Romawi, maka kitapun  sering mengalami penderitaan walaupun tidak sama dengan apa yang diderita oleh Yesus Kristus. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajarilah kami untuk mengerti  kebaikan Tuhan melalui penderitaan-Nya. Berilah kesanggupan kepada kami ketika menghadapi banyak pergumulan. Amin