Hidup Memperoleh Keselamatan

Matius 16:25

Nyawa sangat berharga di mata Tuhan, namun sering kali nyawa menjadi tidak berarti karena dipergunakan melakukan kejahatan. Manusia tidak memperoleh keuntungan yang berarti tetapi kehilangan nyawa karena tidak mengenal Tuhan.

Dalam bacaan kita hari ini, Matius menjelaskan bahwa nyawa tidak berguna apabila hidupnya jauh dari persekutuan dengan Tuhan. Kerugiannya   tidak dapat diganti dan ditebus oleh dan dengan semua harta di dunia. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawa-nya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Orang yang mau mempertahankan hidup, hanya peduli pada dirinya sendiri. Jika ia kehilangan nyawanya berarti ia tidak memperoleh hidup yang sejati dan tidak mendapatkan hidup yang kekal. Kehilangan nyawa karena Tuhan Yesus, itu berarti kita memperoleh hidup  yang kekal atau keselamatan. Setiap orang yang mempertaruhkan nyawa yakni yang mati martir, kepadanya diberikan kese-lamatan. Nyawa Yesus menjadi tebusan bagi banyak orang.

Sebagai keluarga Kristen kita diajak untuk menghargai nyawa atau hidup yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Jangan kita menyia-nyiakan hidup hanya karena untuk berfoya-foya sehingga kehilangan yang telah kita miliki. Berusahalah kita sebagai orang percaya untuk menghargai nyawa yang Tuhan Yesus sudah berikan untuk memperoleh hidup yang kekal. Amin.

Doa: Ya Tuhan Allah, ajarilah kami untuk menghargai nyawa kami sendiri dan nyawa orang lain. Tuntun kami untuk selalu hidup dalam kasih Tuhan yang menyelamatkan kami. Amin.