Pakailah waktu anugerah hidupmu
Yakobus 4:14

Apakah arti hidupmu? Dr. Andar Ismail member definisi antara lain hidup itu adalah anugerah karena itu syukurilah. Jadi, kalau kita masih hidup sampai saat ini, itu bukan semata-mata dari kita tetapi dari Tuhan. Karena hidup itu adalah anugerah Tuhan. Kita dijadikan dan kita milik kepunyaan-Nya. Pemahaman ini sejalan dengan firman Tuhan dalam Mazmur 100:3 “Ketahuilah Tuhanlah Allah, Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita…”

Di lain pihak menurut nya hidup itu adalah kesempatan untuk melakukan dan memanfaatkan hidup dalam kejahatan tetapi kesempatan untuk melakukan kebaikan, keadilan, dan  perdamaian dan seterusnya. Hal-hal inilah yang harus kita lakukan jika kita masih hidup sebab suatu ketika, hidup itu akan diambil dari kita oleh yang empunya hidup. Seperti diungkapkan dalam firman Tuhan dalam Yakobus 4:14 yang telah kia bacakan tadi “Hidup itu seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap”. Pernyataan firmnah Tuhan bahwa hidup itu seperti uap hendak mengingatkan lagi  tentang arti hidup bagi kita sekalian. Bahwa hidup itu pada hakekatnya singkat. Lagu yang terapat dalam NKB No. 211:1 juga memberi ingatan bagi kita tentang hidup itu singkat.

Karena itu, sebagai keluarga Kristen yang masih diperkenankan Tuhan untuk hidup maknailah hidup itu. Marilah kita maknai hidup itu dengan melakukan hal-hal yang berkenan kepada Tuhan sambil mengingat Tuhan di sepanjang kehidupan yang Ia beri bagi kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, tunjukkanlah jalan-Mu bagi kami agar kami dapat memahami kehidupan kami di dunia ini sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here