Suara dari Sorga

Matius 3:17a

Dalam ayat 17a ini diceritakan bahwa “Lalu terdengarlah suara dari sorga”, ketika Yesus selesai dibaptis di sungai Yordan. Ini satu-satunya cerita tentang terdengar suara dari sorga ketika baptisan Yohanes dilakukan dari “sekian juta orang”(kira-kira 2 juta orang) yang diperkirakan dibaptis oleh Yohanes dalam kurun waktu satu setengah tahun pelayanannya. Ini berarti menjadi peristiwa yang “khusus” oleh Matius. Peristiwa melihat sesuatu dan mendengar  suara dari “langit” yang juga pernah dialami secara khusus oleh Stefanus dalam Kisah Para Rasul 7: 56: ”Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah”. Demikian juga dalam Kisah Para Rasul 9 : 3-4: “tiba-tiba cahaya memancar dari langit dan kedengaran olehnya suatu suara yang berkata kepada-nya: ’Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?”.

Alkitab menceritakan ada hal-hal khusus terjadi, dalam peristiwa khusus dan orang-orang tertentu melihat atau men-dengar “Suara dari Sorga”, tetapi tidak menjadi hal yang umum seperti yang berulang-ulang diceritakan oleh orang-orang, ter-masuk orang Kristen bahwa ia atau mereka berulang-ulang melihat, mendengar keadaan dan suara dari sorga, bahwa telah naik turun berulang kali dari sorga ke bumi. Pemahaman (ajaran) ini membuat banyak orang Kristen mulai meragukan, karena ini bukan lagi menjadi peristiwa khusus, karena murid-murid Yesus tidak mengalami peristiwa ini. Karenanya, tidak salah kalau kita berhati-hati terhadap “pengajar-pengajar” tersebut, sambil memo-hon hikmat dari Tuhan untuk menguji ajaran-ajaran tersebut.

Marilah sebagai keluarga Kristen yang telah menerima baptisan dari Tuhan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, kita diajak untuk tetap rajin beribadah kepada-Nya. Amin.

Doa: Tuhan Yesus, berilah kami hikmat-Mu untuk mampu mengajarkan hal-hal yang benar yang dapat membangun iman anggota jemaat. Ajarlah kami untuk senantiasa rendah hati dan terus belajar dari-Mu untuk maksud dan tujuan yang memuliakan nama-Mu, bukan kemualiaan diri kami. Amin