Makna Karya Allah di Hari Ke Lima: Mengisi Makhluk Hidup Dikumpulan di Air dan Cakrawala

Kejadian 1:20-23

Kita sebagai manusia harus hidup bersama dengan sesama manusia, tetapi juga dengan ciptaan lainnya. Bahkan ciptaan lainnya itu dapat memenuhi kebutuhan hidup kita manusia sehari-hari. Ambil contah: Bagaimana jadinya jika lautan dan danau tidak berisi atau berkeriapan ikan-ikan. Demikian juga langit tak ada burung beterbangan? Tentu saja  kita makan tanpa ikan dan daging burung, selain daripada nasi dll. Kalaupun tersedia lalu tidak dikembang-biakkan maka tentu saja hanya sesaat saja kita menikmatinya.

Karena itu bacaan kita hari ini menampilkan bukti dari kepedulian Allah, dalam karya kelima ciptaan-Nya dengan ikan-ikan yang berkumpul dan berkeriapan air, dan burung-burung beterbangan di langit di atas bumi. Bahkan untuk kelanjutannya maka Allah berfirman agar mahluk-mahluk hidup itu harus dikembang-biakan, agar terus menerus dapat memenuhi kebutuhan hidup umat-Nya di era baru di negeri mereka yang berbeda dengan masa-masa di pembuangan, yang makan seadanya sehingga derita melanda saat kelaparan. Selain itu menggambarkan pula bahwa lautan dan cakrawala/langit dengan isinya berada dalam kuasa Allah.

Kitapun harus menyadari bahwa kebutuhan kita dapat terpenuhi hanya dalam kuasa dan kemurahan Allah semata. Selain itu kita harus bersyukur atas kesedian kebutuhan hidup kita atas kemurahan Allah serta mengagungkan kuasa-Nya. Amin.

Doa: Terima kasih Tuhan, sebab Engkau memenuhi kebutuhan hidup kami, yang senantiasa tersedia bagi kelangsungan hidup selanjutnya. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here