Lingkaran Penjagaan Tuhan

Kejadian 4:13-14

Ketakutan dan kemurungan akan menguasai hidup orang berdosa apalagi jika ia memikirkan berbagai akibat perbuatan yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Bacaan Firman Tuhan hari ini, menyebutkan bahwa pembunuhan Kain terhadap adiknya  memberi contoh tentang kemarahan tak terkendali yang berakibat pada dosa. Akibatnya, ia harus diasingkan dari masyarakat/bangsa de-ngan menjadi pengembara atau kaum nomaden/pengem-bara. Oleh karena itu, orang yang diasingkan biasanya ditakuti oleh orang lain. Dalam perjalanan hidupnya, sekali pun ia tidak dibunuh, tetapi dia merasa tertekan oleh belenggu dosa, kesalahan dan hukuman yang selalu membayanginya. Dia membayangkan berbagai musuh kejam akan membunuhnya sebagai pembalasan atas kejahatannya. Kain memohon belas kasihan Tuhan, agar hukumannya diringankan karena beban dosa itu lebih berat daripada kemampuannya. Akibat dosanya ia harus terusir dari komunitasnya tapi Tuhan menunjukkan kasih-Nya. Ia tetap memberikan perlindungan kepada Kain dengan memberikan tanda kepadanya agar ia tidak dibunuh oleh orang lain yang ia jumpai.

Sebagai keluarga Kristen, sering kali mengalami  ketidakberdayaan dan  kehancuran, sebab  kita  berada di luar lingkaran penjagaan Tuhan. Oleh sebab itu, mari kita hidup jujur dihadapan Tuhan dan mengakui segala kesalahan/ pelanggaran yang kita lakukan. Sambil bersedia untuk menerima akibat dari perbuatan dosa dan memohon belas kasihan-Nya. Amin.

 

Doa: Ya Yesus  Kristus, Tuhan kami, berilah kami roh keberanian untuk mengatakan yang benar dan melakukannya. Tolong kami supaya tidak lari dari pemeliharaan Tuhan. Amin.