Memelihara Keutuhan Ciptaan Allah

Kejadian 6:19-20

           Allah menciptakan alam ini dalam keutuhan dan keseimbangan, agar semua ciptaan-Nya dapat hidup serasi dan saling membutuhkan satu dengan yang lain. Kendatipun sebagai manusia kita menyadari bahwa kerusakan lingkungan yang terjadi, semuanya karena keserakahan dan kerakusan manusia, yang mudah-mudahan tidak termasuk kita. Padahal sejak semula, Allah telah memberi kuasa kepada manusia untuk melestarikan alam ciptaan-Nya agar tetap utuh, serasi dan seimbang untuk menikmati keselamatan, baik manusia maupun ciptaan lainnya.

Bacaan Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk menjadi orang-orang yang berperan menjaga dan memelihara keutuhan ciptaan Allah. Nuh diperintahkan untuk mengambil semua spesies (jenis) binatang berpasang-pasangan untuk masuk dalam bahtera, bukan hanya supaya mereka dapat berkembang biak, tetapi sebagai ciptaan mereka tetap hidup seimbang dalam keserasian.

Keluarga kristen yang dikasihi Tuhan, di sekitar kita tentu banyak hal yang dapat kita lihat sebagai ciptaan Allah yang patut kita rawat dan pelihara keserasiannya, agar semua ciptaan Allah tetap utuh dan seimbang. Bila kita melakukan hal-hal ini, berarti kita telah mengambil peran iman yang penting dalam memelihara keutuhan ciptaan Tuhan. Dan semua yang terpelihara dalam keserasian dan keutuhan pasti akan selalu memberi ketentraman kepada kita. Itulah keselamatan yang ternikmati bukan hanya oleh manusia tapi juga ciptaan Tuhan lainnya. Amin.

Doa: Ya Bapa, berilah kami hikmat agar kami juga dapat mengambil bagian dalam karya selamat-Mu, terutama untuk memelihara keutuhan semua ciptaan-Mu, supaya Engkau tetap dimuliakan. Amin.