Persamaan Hak Laki-Laki dan Perempuan

Bilangan 27:8-9

Perbedaan yang nyata antara laki-laki dan perempuan adalah jenis kelaminnya. Soal kondisi fisik, mental, spiritual, karunia dan talenta pada setiap orang itu tidak sama. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki  kelebihan dan kekurangan, tetapi hakekat kemanusiaanya adalah  sama  di hadapan Allah. Sama-sama ciptaan Tuhan yang mulia, karena itu memiliki hak yang sama sebagai manusia. Termasuk dalam menerima  warisan yang berharga yaitu tanah.

Tanah bagi bangsa Israel adalah milik pusaka yang sangat penting dan bernilai tinggi. Tanah pusaka Israel tidak boleh berpindah kepada suku lain, apalagi kepada bangsa yang lain. Oleh karena itu baik keturunan laki-laki maupun perempuan berusaha mempertahankannya.

Tidak sia-sia perjuangan anak-anak perempuan Zelafehad. Perjuangan mereka tidak hanya menguntungkan pihak mereka tetapi juga bagi banyak orang. Mengapa? Dari kasus ini akhirnya melahirkan produk undang-undang yang adil dan berpihak kepada keduanya (Laki-laki dan perempuan). Ketetapan hukum ini berlaku bagi orang Israel  Ayat 8 “Apabila seorang mati dan tidak mempunyai anak laki-laki, maka haruslah kamu memindahkan hak atas milik pusakanya kepada anaknya yang perempuan”.

Prinsip hakiki warisan kepemilikan tanah berlaku bagi anak perempuan dan anak laki-laki. Prinsip ini juga perlu dikembangkan dalam kehidupan orang percaya dengan menghormati warisan orang tua serta memanfaatkannya sebaik-baiknya. Amin.

Doa:  Tuhan Yesus, tolonglah kami menghargai setiap potensi yang ada pada kami untuk menjadi alat berkat di tanganMu. Amin.