Perbuatan Baik 

Matius 26:10

     Hidup ini sepenuhnya adalah anugerah Allah yang mengerjakan keselamatan karena kasih-Nya. Oleh karena dia kita telah diselamatkan bukan karena perbuatan baik yang kita lakukan. Ada ungkapan “satu perbuatan baik lebih bayak mengajar tentang kasih Allah dari pada ratusan khotbah”. Tidak berlebihan kalau dikatakan perbuatan biak adalah khotbah yang tak terbantahkan. Setiap perbuatan baik patut diberi pujian terhadap apa yang dia lakukan sebagai pandangan umum untuk diterima sebagai sikap yang benar. Namun jika ada suatu pujian yang tak sesuai fakta, atau suatu perbuatan yang nyata-nyata baik justeru dikecam dan dianggap salah, itu soal lain lagi.

Bacaan firman Tuhan hari ini mengisahkan tentang respon Yesus atas tindakan seorang perempuan betania yang menunjukan perbuatan baik kepada-Nya. Menanggapi reaksi para murid Yesus yang sama sekali menentang  tindakan  perempuan betania yang menumpahkan minyak yang mahal ke atas kepala Yesus (ay 7) maka Yesus mengetahui pikira murid-murid-Nya lalu menjawab “mengapa kamu menyusahka perempuan ini?”. Bagi murid-murid memang hal ini sesuatu yang keliru namun bagi Yesus justru mengapresiasi yang dilakukan perempuan tersebut sebagai suatu perbuatan yang baik. Betapa tidak, mungkin pikiran atau ide mereka dianggap lebih baik dari perbuatan orang lain padahal perempuan itu telah sampai pada tindakan konkrit dalam mewujudkan kasih dan hormat untuk Yesus.

Keluarga Kristen hendaknya kita merasa sangat senang, kalau semua keluarga berlomba-lomba mempraktekan hidup yang diwarnai perbuatan baik. Suami, istri, anak-anak, orang tua saling mendahului dalam berbuat baik, menjadi keluarga yang semakin mengasihi Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan, tolong kami agar supaya tidak jemu-jemu berbuat baik. Ajari kami untuk menunjukan belas kasihan kepada sesama manusia. Amin.