Berkata dan Bertindak Benar

Matius 27:23

        “Berani berkata dan bertindak benar” adalah sebuah tantangan bagi semua orang. Sebab ada banyak orang di sekitar kita, bahkan bila jujur untuk mengatakan, sebetulnya kita juga menginginkan orang lain berkata dan bertindak benar, namun kenyataannya hal itu sulit atau tidak mampu dilakukan.

Ayat 23 mengatakan bahwa “…kejahatan apakah yang telah dilakukan-Nya?”. Pertanyaan ini menggambarkan suasana hati Pilatus yang tidak berani untuk berkata benar. Sebab sangat jelas dari pertanyaan yang diajukan ini menunjukkan bahwa sebenarnya ia sangat mengetahui jika Yesus tidak bersalah, dan sebenarnya dalam ayat ini juga tergambar bahwa Pilatus memang berupaya untuk membebaskan Yesus, tetapi keberaniannya untuk bertindak benar tidak terjadi dalam dirinya, dan justru desakan orang banyak dan takut kehilangan jabatan mengubah pendirian dan akal sehatnya.  Pilatus telah melakukan kesalahan besar, walaupun memang Yesus harus mati untuk menebus dosa manusia, tetapi tindakan Pilatus telah menjadi “contoh buruk” untuk sebuah kehidupan sebagai manusia yang memiliki nurani.

Sebagai keluarga Kristen marilah kita  untuk menatap jauh ke dalam diri kita sendiri, supaya berkata dan bertindak benar  harus terbangun mulai dalam diri kita sendiri, keluarga kita dan lingkungan dimana kita berada, meskipun kita harus menderita karena kebenaran. Amin.

 

Doa: Ya Tuhan Allah, ubahlah dan bentuklah hidup kami, agar kami mampu berkata benar yang diwujudkan dalam tindakan dan perbuatan yang benar. Amin.