Meminta  dengan Segenap Hati

1 Tawarikh 17:23-24

“Mintalah tolongan dari Tuhan-Mu akan jalan kehidupanmu. Mintalah dengan beriman yang teguh Tuhan klak kabulkan padamu.” Demikianlah  sepenggal syair lagu yang mengungkapkan bagaimana  umat Tuhan yang meminta dengan segenap hati dan penuh pengharapan akan pertolongan Tuhan dalam menjalani hari-hari kehidupan. Sebab segala sesuatu itu berasal dari Tuhan sehingga manusia memintanya hanya pada Tuhan saja.

Bacaan kita hari ini menceritakan bagaimana Daud di dalam doanya meminta dengan segenap hati kepada Tuhan untuk meneguhkan janji Tuhan kepadanya dan keluarganya. Tuhan memang sudah berjanji bagi Daud dan keluarganya  tentang membangkitkan dan mengokohkan keluarganya yang disampaikan Tuhan kepada nabi Natan untuk diteruskan pada Daud.  Doa Daud ini  bukan berarti Daud meragukan akan janji Tuhan itu, tetapi ia menyadari bahwa sebagai seorang hamba meminta kepada Tuan-Nya dan atas dasar kasih setia Bapa kepada anak-anak-Nya. Bagi Daud pemberian Tuhan justru mengambarkan kebesaran pemberi janji, bukan penerimanya, maka anugerah Tuhan yang luar biasa membuat dia semakin memuliakan Allah.

Sebagai keluarga Kristen kita mempunyai kebutuhan atau keinginan akan sesuatu yang membuat dirinya atau keluarganya merasa aman dan tentram. Hal ini merupakan hal yang pantas dan wajar dalam menghadirkan karya selamat Tuhan di dunia ini. Karena itu minta dengan segenap hati dan pengharapan yang teguh segala kebutuhan hidup keluarga kita kepada Tuhan. Karena Tuhan Yesus bersabda dalam Yohanes 15:7b “mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” Amin.

 

Doa: Ya Tuhan  tuntunlah dan ajarilah kami untuk senantiasa meminta dengan segenap hati dan penuh pengharapan dalam kehidupan keluarga kami  serta mengangungkan Engkau sebagi sumber berkat bagi umat manusia. Amin.