Carilah Tuhan

Ezra 8:22-23

Di tengah kemajuan zaman dan bergulirnya roda modernisasi ternyata membawa dampak yang cukup signifikan terhadap semua aspek kehidupan. Diberbagai sisi kehidupan telah banyak yang berubah pada bangsa, masyarakat dan jemaat. Pemimpin sering  kehilangan kendali nurani, gaya hidup telah mempengaruhi kaum muda yang nyata-nyata adalah tulang punggung bangsa dan Gereja masa depan.

Bacaan Firman Tuhan  hari ini mengajak kita untuk melawan situasi ini dengan kembali berkomitmen dengan Tuhan Allah kita. Karena itu sekalipun punya peluang untuk meminta bantuan kepada pasukan tentara dan orang-orang berkuda yang hebat dan kuat mengawal perjalanan mereka agar aman tetapi  Ezra tidak melakukannya, karena Imannya hanya kepada Tuhan Allah  dengan mengatakan “Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamatan mereka.” Betapa luar biasanya Ezra yang dapat saja meminta batuan pasukan khsusus untuk mengawal mereka tetapi Tuhanlah yang semata-mata menolong dan melindungi mereka. Bangsa Israel memperkuat  perjalanan mereka dengan berdoa dan berpuasa sehingga terkabulah pemohonan mereka.

Sebagai keluarga Kristen hendaknya  sungguh-sungguh mencari Tuhan sebab hanya di dalam dan bersama Dia maka hidup kita terjamin. Di luar Dia kita tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh. 15:5). Keluarga  mempunyai  kerinduan untuk beribadah sebagai bentuk mencari Tuhan. Materi dan ilmu pengetahuan janganlah diutamakan dalam hidup sebagai orang percaya. Kalaupun  ada materi dan ilmu pengetahuan  yang  didapatkan  hendaknya dipakai untuk hormat dan kemuliaan bagi nama Tuhan Yesus. Amin.

Doa: Ya Tuhan,  teguhkanlah iman kami untuk tetap setia dan taat kepada-Mu. Jangan biarkan  kami Tuhan  terpengaruh  dengan  roh zaman sehingga kami meninggalkan Engkau. Amin.