Sayangilah Laut Kita

Mazmur 104:25-26

Secara global luas bumi ini 2/3 terdiri dari lautan, sedangkan 1/3 adalah daratan. Demikian juga dengan Indonesia merupakan negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya adalah lautan. Oleh karena itu Indonesia dikenal sebagai negara maritim, makanya ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kelautan. Laut Indonesia memiliki keuggulan-keunggulan seperti: Destinasi (tujuan) wisata terbaik di dunia, hasil ikan yang banyak, tingkat keragaman (aneka jenis biota laut) yang banyak. Oleh karena sangat potensialnya laut Indonesia, maka pemerintah kini memprogramkan Tol laut untuk menghubung-kan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara, supaya barang-barang dan perlengkapan logistik lainnya dapat sampai tujuan.

Di Sulawesi Utara, khususnya dalam pelayanan GMIM ter-dapat Pelabuhan Bitung, Manado, dan Amurang. Dengan ada-nya pelabuhan-pelabuhan tersebut mempermudah pengangkutan barang, orang ke daerah lainnya di Indonesia. Selain itu ada juga pelabuhan-pelabuhan kecil sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan yang membawa hasil tangkapannya. Laut dengan segala kekayaannya adalah anugerah Tuhan bagi kita. Kita boleh hidup dari kekayaannya sehingga laut tidak perlu ditakuti. Memang jika laut bergelora, bergelombang disertai badai dan topan, tsunami, semuanya ini merupakan fenomena alam, sama seperti bencana lainnya yang terjadi di darat maupun di udara.

Namun disayangkan persoalan dunia sekarang khususnya Indonesia (lebih khusus di daerah kita), laut menjadi tempat sampah, baik limbah kimia maupun plastik, dan lain-lain, sehingga terjadi pencemaran. Hal ini sungguh mengancam masa depan laut kita. Karena itu sebagai keluarga Kristen marilah kita memanfaatkan potensi laut dengan baik sambil menjaga keber-sihannya. Usahakanlah tidak membuang sampah dalam bentuk apapun di selokan, sungai dan laut. Sayangilah sungai dan laut yang sangat berkontribusi positif bagi kehidupan kita. Amin.

 Doa: Terima kasih ya Tuhan Allah yang telah menciptakan laut, dengan segala kekayaannya. Kami boleh hidup dari hasil laut, kami bertekad untuk membersihkan selokan, sungai dan laut dari segala jenis sampah. Amin.