Janji Tuhan

Yeremia 29:10

          Shalom keluargaku yang berbahagia, bagian Alkitab yang kita baca ini mengungkapkan janji Tuhan untuk memberi pembebasan bagi umat-Nya. Janji Tuhan bukan hanya sekedar melepaskan umat-Nya dari tawanan bangsa Babel, melainkan pemulihan disetiap aspek kehidupan umat yang dibebaskan-Nya, yaitu pemulihan dari segi keamanan: tidak akan ada lagi ketakutan dan penindasan; secara ekonomi: dapat meningkatkan ekonomi keluarga dan bangsa, tanpa ada tekanan; segi politik: rakyat Yehuda akan mendapatkan kembali kedaulatan mereka sebagai bangsa yang merdeka dan jati diri sebagai umat milik Allah; dalam kebudayaan: umat akan melaksanakan kewajiban sebagai bangsa penyembah Allah dan dalam  interaksi dengan sesama: tidak ada lagi ketakutan dan saling curiga seperti waktu di Babel. Semua keindahan janji Tuhan itu akan dialami oleh rakyat Yehuda setelah mereka dididik dan dibentuk Tuhan selama 70 tahun dalam penawanan bangsa Babel.

Di Babel, Tuhan Allah merestorasi dan mereformasi bangsa Yehuda, supaya mereka bertobat dan dibaharui untuk mendapatkan kembali jati diri dan identitas sebagai umat pilihan Tuhan. Janji Tuhan adalah jaminan keselamatan, yang kelak akan teralami oleh umat-Nya.

Tuhan yang berjanji bagi bangsa Yehuda adalah Dia yang kita imani telah menyatakan keselamatan melalui Tuhan Yesus Kristus dan menghadirkan Roh Kudus untuk memelihara kita yang setia dan taat pada-Nya, dari sekarang ini sampai Tuhan Yesus datang kembali. Terpujilah Tuhan. Amin.

Doa: Tuhan Yesus terima kasih untuk berita sukacita dari Firman saat ini.  Mampukan kami menjadi pribadi dan keluarga yang setia menanti janji-Mu, serta taat melakukan apa yang kami janjikan dalam hidup berkeluarga, berjemaat dan berbangsa. Amin.