Menyelesaikan Persoalan dengan Prosedur yang Tepat

Bilangan 27:1-2

Setiap keluarga mempunyai pergumulannya sendiri. Sesulit apapun persoalan itu harus diselesaikan dan  jangan dibiarkan berlarut-larut.

Anak-anak perempuan Zelafehad membawa persoalan mereka kepada Musa, imam Eleazar, para pemimpin dan segenap umat di dekat pintu kemah pertemuan. Musa, imam dan para pemimpin adalah orang yang dapat menolong menyelesaikan perkara mereka. Mereka memiliki wewenang untuk memberikan keputusan yang bijak.

Ketika pihak yang berwenang mendapat tanggung jawab mengurus persoalan umat atau rakyat  maka sebagai pemimpin dan penanggung jawab, Firman Tuhan mengingatkan untuk menyelesaikannya setiap perkara seadil-adilnya.

Di pihak lain ketika penyelesaian masalah dilakukan dengan cara yang tidak tepat dan  kepada orang yang salah, maka akan muncul masalah baru. Apa lagi jika dihadapi dengan emosi yang tidak terkendali dan tindakan main hakim sendiri.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, jika hal seperti ini kita alami maka  kita diajak untuk menyelesaikan persoalan dengan prosedur yang tepat dan orang-orang yang berwenang untuk menyelesaikannya. Kita yakin dan percaya dalam campur tangan Tuhan ada jalan keluar yang baik. Tuhan memberkati Firman-Nya. Amin.

Doa: Tuhan Yesus, berilah kami hikmat dalam menyelesaikan segala persoalan dan kemampuan untuk menghadapinya dengan hati yang tenang sesuai dengan firman-Mu. Amin.