Belas Kasihan  Tuhan kepada Keluarga

Yoel 2:18

         Setiap  orang membutuhkan belas kasihan dari Tuhan agar dapat mempraktekkan kasih itu terhadap sesama manusia. Belas kasih dari Tuhan  kepada umat-Nya tak terbatas. Sedangkan manusia mempunyai keterbatasan dalam memberlakukan kasih kepada  manusia.

Bacaan Alkitab hari ini Yoel 2:18  menceritakan  bahwa Tuhan menjadi cemburu karena umat-Nya sering tidak taat kepada-Nya, dalam hubungan kasih antara Israel dengan Tuhan Allah karena Israel membelakangi Tuhan. Tuhan tidak mau melihat tanah-Nya sehingga umat-Nya diruntuhkan. Hukuman terhadap umat-Nya berubah menjadi belas kasihan. Tuhan hendak membela tanah-Nya dan membuktikan kehadiran keselamatan-Nya, baik tanah maupun umat-Nya yang berada di dalam keadaan yang sukar. Dengan meninggikan fungsi tanah dan umat Israel, Tuhan hendak menyatakan diri sebagai Allah yang cemburu dan penuh belas kasihan. Hal ini melukiskan betapa Allah cemburu bagi mereka yang melakukan kejahatan. Tuhan ingin manusia bertobat dan berbalik kepada Tuhan.

Sebagai keluarga Kristen dan persekutuan orang percaya kepada Tuhan Yesus hendaknya memelihara belas kasihan yang Tuhan berikan kepada kita. Keluarga khususnya orang  tua harus mendidik anak dengan penuh belas kasihan yang berasal dari Tuhan Yesus. Juga nyatakanlah belas kasihan kepada semua orang termasuk dalam hubungan suami, istri dan anak-anak. Kasihilah seorang dengan yang lain dan muliakanlah  nama Tuhan Yesus. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajarilah kami untuk menunjukkan belas kasihan kepada sesama manusia. Bimbinglah kami untuk saling mengasihi satu dengan yang lain. Amin.