Pentingnya Didikan Tuhan

Amsal 3:11

Wujud kasih orang tua kepada anak bukan hanya diperlihatkan dengan tindakan membelai dan mengasihi tetapi harus nyata juga melalui menegur dan menasehati sebagai tindakan koreksi terhadap kesalahan-kesalahan yang dilaku-kannya.

Firman Tuhan saat ini Amsal 3:11, menyatakan bahwa  jangan menolak didikan Tuhan. Manusia diajak untuk tidak menolak didikan  tapi mau menerimanya sebagai peringatan Tuhan. Didikan Tuhan harus dilihat sebagai wujud dari tindakan kasih Tuhan. Sebab sering  Tuhan mendidik dan mendisiplinkan umat dengan berbagai bentuk pengalaman hidup yang dapat menyakitkan dan mendukakan hati ma-nusia. Kemudian janganlah engkau bosan akan peringat-annya, suka akan firman Tuhan dan suka berbuat baik.

Sebagai keluarga Kristen, kita sering menerima didikan atau pendisiplinan yang datang dari Tuhan dalam berbagai bentuk antara lain: kesedihan dan dukacita karena memukul perasaan yang membuat pikiran seakan-akan tak mampu menyelami dan memahami lagi apa yang terjadi.  Ada banyak hal yang tak bisa ditangkap dengan pandangan secara kasat mata, tetapi hanya mata iman yang mampu melihat dengan jelas apa yang sedang terjadi. Oleh karena itu, segala sesuatu yang membuat perasaan sedih dan berduka jangan dilihat sebagai tanda ketidakpedulian Allah. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajari kami untuk selalu hidup dekat dan mendengarkan setiap suara-Mu. Mampukan  kami agar dapat memahami segala sesuatu yang terjadi  dalam rancangan-Mu. Amin.