Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan

Lukas 2:41-42

Yusuf dan Maria adalah pasangan suami isteri beriman dan taat melaksanakan tradisi keagamaan. Tindakan ketaatan mereka ditunjukkan dengan mengikut sertakan Yesus ke Yerusalem, dalam rangka memperkenalkan tradisi keagamaan sesuai kebia-saan masyarakat Yahudi. Pendidikan mereka bagi Yesus adalah sebuah kesempatan bagi anak mereka untuk semakin mengenal tradisi keagamaan dan kebiasaan yang harus dijalani sebagai keluarga beriman. Tindakan Maria dan Yusuf mengajak Yesus ke Yerusalem adalah sebuah metodologi pendidikan keagamaan yang praktis.

Realitas yang kita dapati sekarang ini, banyak orangtua yang kurang peduli terhadap pendidikan anak; seperti menye-rahkan pendidikan anak pada guru di sekolah minggu atau di sekolah secara formal, ada yang mengukur pendidikan anaknya dari pendidikannya sendiri dengan mengatakan, sedangkan papa nda sekolah, asih boleh jadi orang.’

Sebagai keluarga kristen, maka tugas dan tanggung jawab orang tua dalam membesarkan anak yang dianugerahkan Tuhan  kepada mereka ialah: memperhatikan pertumbuhan fisik, mental, sosial dan spiritual. Karena itu, maka anak-anak sejak dini seharusnya selalu  diikut sertakan dalam kegiatan gerejawi antara lain: Ibadah Minggu di gereja, sekolah Minggu, ibadah remaja, ibadah kolom, sehingga mereka memiliki pemahaman yang baik dan positif terhadap kehidupan beribadah. Amin.

Doa: Tuhan berkatilah setiap orang tua dalam tanggungjawab memelihara, membesarkan dan mendidik anak-anak, berilah pertumbuhan fisik dan Rohani yang baik bagi anak-anak. Amin.

SHARE
Ingin Publikasi informasi kegiatan jemaat/wilayah atau kegiatan apa saja tentang GMIM di website ? Silakan Hubungi Bidang Data dan Informasi Telp : (0431) 352123 Email : info@gmim.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here