Hari Tuhan

Yohanes 20:1 

        Kidung Jemaat No. 21 “Hari Minggu, Hari yang Mulia”. Tentu judul ini bukan hanya sekedar menjadi judul lagu, tetapi terlahir dari penghayatan iman dari si pengarang lagu ini, yang sangat jelas terlihat bahwa ia sangat menjunjung tinggi makna hidup yang tersirat dari keberadaan hari minggu itu.

Kata minggu diambil dari bahasa PortugisDomingo dari bahasa Latin dies Dominicus, yang berarti “dia do Senhor”, atau “Hari Tuhan kita”, dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu. Semua ini tentu berasal dari kenyataan bahwa Tuhan Yesus yang bangkit dari kematian pada ‘hari pertama’ minggu itu (bahasa Arab:  ahad‎ berarti “satu” atau “pertama”). Oleh karena itu kita beribadah pada hari minggu sebagai penghayatan panjang atas kebangkitan Tuhan Yesus.

Secara khusus dihari ini, kita sedang merayakan hari Anak GMIM, dan berhubung dengan itu, maka perenungan kita hari ini memberi semangat iman bagi kita untuk memaknai hari Tuhan melalui kesaksian dan peranan kita dalam menanamkan pemahaman untuk menghargai serta menghormati makna hari Tuhan bagi anak-anak kita.

Perjuangan perempuan dalam hubungan dengan hari emansipasi wanita (Hari Kartini), adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan semangat kaum perempuan Kristen, seperti yang disaksikan dalam Injil bacaan kita (perempuan-perempuan di sekitar kubur Yesus). Amin.

Doa: Ya Yesus, mampukanlah kami untuk menghormati dan menghayati Kebangkitan-Mu, supaya hidup kami menjadi kesaksian bagi banyak orang. Amin.