Arti Suatu Perjumpaan

Matius 3:13

Kahadiran pelayanan Yohanes Pembaptis di Yudea telah tersebar sampai ke Galilea. Suatu perjalanan yang panjang yang ditempuh oleh Yesus untuk berjumpa dengan Yohanes Pembaptis. Menurut catatan perjalanan bisa mencapai tiga hari dengan jalan kaki atau menggunakan keledai di masa itu. Sekalipun sulit dan melelahkan, tapi Yesus harus menjumpai Yohanes untuk menggenapi seluruh kehendak Allah (band. ayat 14), termasuk menerima pelayanan Baptisan oleh Yohanes Pembaptis. Jadi perjumpaan ini bukanlah suatu perjumpaan biasa atau pun secara kebetulan, tetapi perjum-paan yang masuk dalam rancangan Allah.

Kita sebagai manusia, keluarga, sehabat, sering terjadi perjumpaan. Perjumpaan menjadi sesuatu yang dirindukan oleh setiap orang, sekalipun akhirnya bisa diakhiri dengan perpisahan. Perjumpaan muka satu dengan yang lain di zaman ini telah menjadi sesuatu yang “mahal”, karena manusia sudah semakin individualistik. Bahkan di zaman yang super modern ini tak jarang walaupun kita berjumpa, seringkali lebih banyak waktu kita habiskan dengan kesibukan masing-masing dengan HP Android. Ada istilah baru yang dikenal  yakni “Phubbing” (beberapa orang berjumpa, tetapi sibuk dengan HP Android masing-masing).

Karena itu, sekalipun kita telah sibuk dengan urusan masing-masing, marilah rencanakan perjumpaaan tatap muka dalam keluarga, sahabat untuk “sharing” berbagi persoalan dan saling menguatkan iman satu terhadap yang lain, sebab itulah arti suatu perjumpaan. Amin.

Doa: Ya, Tuhan, ajarlah kami untuk menghargai waktu-waktu perjumpaan dalam keluarga, sahabat, supaya kami boleh hidup untuk saling berbagi, mendengarkan dan memberi jalan keluar dari berbagai persoalan, dan rencana hidup ke depan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.