Mengasihi Yesus

Yohanes 14:15

Bagaimana suasana hati kita ketika mengetahui saat menjelang ajal telah dekat? Sulit untuk menggambarkannya  bukan? Karena memang kita tidak tahu saatnya kita kembali kepada Pencipta kita. Yesus sebagai Mesias yang diurapi  telah tahu bahwa saat kepergian-Nya kepada Bapa telah dekat. Walaupun Ia telah berulangkali memberitahukan itu kepada murid-murid-Nya, namun mereka tidak mengerti maksud-Nya. Sulit bagi mereka untuk menerima situasi keterpisahan itu. Karena itu Yesus menghibur mereka supaya tidak gelisah (Yoh.14:1).

Bacaan Firman Tuhan hari ini merupakan penegasan kepada murid-murid bahwa “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.” Kata-kata Yesus ini sesungguhnya mengandung harapan bahwa mereka akan mendengar apa yang dikatakan-Nya. “Kalau kalian mengasihi Aku, kalian pasti akan mendengarkan-Ku,” atau dengan kata-kata sederhana: ”kalian mengasihi Aku, bukan? Masakan kalian tidak mau mendengarkan-Ku.” Mengasihi bukanlah sekedar luapan emosi tetapi merupakan sebuah tindakan moral yaitu sebuah penerimaan secara total.  Mengasihi Yesus berarti bersama Dia dan menuruti segala perintah-Nya. Menuruti perintah-Nya dianggap sebagai ibadah dan yang harus dilakukan dengan setia dan tekun. Ketika para murid sedang kuatir apa yang harus mereka lakukan karena Guru mereka akan pergi, Ia menyuruh mereka untuk mentaati segala perintah-Nya agar tidak ada yang salah dengan mereka. Yesus berharap bahwa para murid akan mengerti dan menerima keterpisahan itu dan tetap melaksanakan perintah-perintah-Nya. Ia selalu mendapati sebagai murid-murid yang  tetap tegar menerima keadaan yang dapat saja   menyakitkan hati.

Sebagai keluarga Kristen, hendaknya kita sungguh-sungguh mengasihi-Nya dan mau melakukan perintah-perintah-Nya. Orang percaya harus mempraktekkan kasih yang Yesus ajarkan kepada kita seperti rajin beribadah, berdoa dan membaca Firman serta bersemangat dalam usaha kerja kita. Amin.

 Doa: Ya Tuhan Yesus, mampukan kami untuk terus mengasihi-Mu dengan melakukan segala perintah-Mu. Ajarilah  kami untuk tahan untuk menghadapi  berbagai tantangan dan pergumulan hidup. Amin.