Keadilan Hukum Bagi Para Buruh

Yakobus 5:6

          Hukum  untuk melindungi masyarakat, termasuk para buruh. Tanpa hukum suatu komunitas bisa hidup tidak tertib dan kacau. Namun demikian hukum dapat disalahgunakan baik oleh penegak hukum maupun oleh masyarakat. Harus diakui bahwa ada orang dijatuhi hukuman, padahal tidak bersalah. Demikian, kita menyaksikan ada orang yang dibunuh hanya karena persoalan-persoalan yang sepeleh. Nilai hidup manusia sering diukur dengan hal-hal yang bersifat “materi” dan “sakit hati”.

Teks bacaan Alkitab kita ini, menceritakan bagaimana orang-orang upahan atau  buruh sering mendapat perlakuan tidak adil, tetapi dalam pandangan Yakobus mereka adalah orang-orang benar dan tak memiliki “kemampuan” untuk melawan. Orang-orang benar ini hidup dalam kesederhanaan dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pembelaan. Mereka hidup dalam kepasrahan menerima hukuman yang tidak adil bahkan ada yang sampai dibunuh sekalipun mereka tidak bersalah. Kekayaan dalam konteks Yakobus ini sering menjadi “penguasa” yang dapat bertindak sewenang-wenang terhadap orang yang “lemah”.

Sebagai keluarga Kristen, kita dapat belajar dari bagian Alkitab ini bahwa kehidupan orang benar tidak selalu berlangsung dengan “aman”. Ada saja hal-hal yang dapat membuat kita diperlakukan dengan tidak adil. Dalam hal-hal tertentu, sekalipun kita benar justru kita yang dihukum. Bahkan tanpa alasan yang jelas atau karena keyakinan iman kita bisa “dibunuh”. Di Hari Buruh Internasional ini, mengingatkan kita bahwa  tak jarang juga hal-hal yang “tidak adil” masih dialami oleh para buruh. Namun demikian, kita harus yakin bahwa Tuhan yang telah menyelamatkan kita akan menguatkan dan menolong kita. Amin.

 

Doa: Ya Tuhan Yesus, kuatkan kami sebagai orang yang percaya dan menaruh harap kepada-Mu untuk tetap meyakini janji penyertaan-Mu baik ketika kami mengalami pergumulan maupun ketika kami dalam kegembiraan hidup. Amin.