Makna Karya Allah di Hari KetigaDikumpulkan, Tanah Bertumbuh Tunas Muda dan Pohon Berbuah yang Berbiji

Kejadian 1:9-13

Kita akui bahwa sebagai manusia yang adalah makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri, meski kita juga adalah mahkluk pribadi. Apalagi kita juga nyatanya adalah mahkluk Tuhan yang senan-tiasa dituntut untuk hidup dalam persekutuan Jemaat dan lebih khusus terkumpul/terhimpun dalam kelompok terkecil dari masya-rakat yaitu “keluarga”. Kumpulan orang-orang itu perlu dibaharui seperti tumbuhnya tunas muda dan buah pohon berbiji yang terus menerus disemaikan. Dengan hidup terkumpul dan menjadi satu maka berbagai tuntutan hidup dalam upaya membaharui dan meningkatkan taraf hidup, dapat terlaksana. Sebab “Ringan sama di jinjing dan berat sama dipikul”.

Bacaan Alkitab kita hari ini berkaitan dengan pembacaan kemarin. Oleh sebab itu merupakan kelanjutan dimana air yang terhampar di bagian bumi dikumpulkan menurut tempatnya, yaitu disatu tempat. Tindakan Allah itu semata-mata untuk mengatur agar ada tempat berair dan ada tempat yang kering. Namanya pun berbeda, air yang berkumpul dinamakan laut dan tempat kering namanya daratan. Sesungguhnya meski kedua tempat berkumpul itu berbeda satu dengan yang lain, tetapi tindakan Allah itu bermaksud untuk mengatur kawasan pengawasan dalam kebaikkan Allah sendiri sama halnya dengan kenyataan bahwa Allah melihat semua perkerjaan-Nya baik adanya. Perlu dijelaskan bahwa tempat kering (daratan) meng-gambarkan tanah/negeri tempat kehidupan umat-Nya dalam kondisi era baru. Itulah juga yang dimaksud Allah dengan menumbuhkan tunas-tunas muda sebagai tunas pertumbuhan manusia baru yang terus menerus dibaharui seperti halnya buah pohon berbiji yang terus-menerus berkelanjutan disemaikan di tanah. Kita sebagai satu persekutuan keluarga adalah himpunan yang senantiasa berada dalam control/pengawasan Allah agar saling menghidupkan. Dan kitapun berkewajiban dalam iman untuk membangun hidup keluarga menuju hidup baru yang penuh harapan. Amin.

Doa: Ya Tuhan terima kasih sebab kehidupan keluarga kami senantiasa berada dalam kontrol/pengawasanMu. Dengan demikian kami senantiasa berkewajiban dalam tanggungjawab iman untuk terus-menerus membangun kehidupan dan masa depan keluarga kami menurut kehendakMu. Amin.

SHARE
Ingin Publikasi informasi kegiatan jemaat/wilayah atau kegiatan apa saja tentang GMIM di website ? Silakan Hubungi Bidang Data dan Informasi Telp : (0431) 352123 Email : info@gmim.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here