Tuhan yang Berkuasa Atas Segala Bangsa

Mazmur 111:6

Kedaulatan Tuhan tidak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Seluruh alam semesta ini adalah dalam kuasa Tuhan, Dia yang menciptakan dunia, itu berarti Tuhan juga pemilik dunia ini. Dengan demikian segala bangsa tunduk dalam kuasa Tuhan. Tuhan menjumpai umat-Nya untuk memberitakan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib bagi umat-Nya sehingga mereka percaya sungguh-sungguh pada-Nya.

Peristiwa keluarnya umat Israel dari Mesir dan memberikan tanah Kanaan bagi mereka, menunjukkan bahwa tidak ada kuasa apapun di dunia ini yang dapat  menghalangi perbuatan ajaib Tuhan bagi umat-Nya.  Hal inilah yang menjadi inti kepecayaan umat Israel dan mereka terus bersyukur karena perbutan ajaib Tuhan ini. Keluarnya umat Israel di Mesir karena Tuhan yang memberitakan berita tersebut dengan kuasa-Nya. Hal ini bukan hanya sekedar berita tetapi merupakan firman yang diucapakan Tuhan. Firman Tuhan itu  mengandung kuasa. Dengan peristiwa ini umat menjadi sadar akan kuasa Tuhan dan segala bangsapun menyadari akan kuasa Tuhan  berlaku juga  bagi mereka.

Bacaan hari ini menuntun kepada kita untuk tidak takut menjalani hidup dimanapun kita berada. Apalagi umat Kristen di Indonesia yang dalam segi kuantitas hanya sedikit di banding dengan pemeluk agama lain. Krisis kepercayaan dan nilai-nilai persatuan yang mulai memudar. Janganlah takut karena Tuhan Yesus akan menyertai kita.  Tuhan tidak akan meninggalkan kita sebab Dialah Tuhan yang berkuasa atas segala bangsa. Kita dipakai Tuhan untuk menyaksikan dan memberitakan bahwa Tuhan mengasihi seisi dunia ini, sehingga segala bangsa akan memuji Tuhan. Amin.

Doa : Ya Tuhan Allah Sang Pencipta alam semesta Engkaulah yang berkuasa atas segala bangsa, teguhkanlah dan kuatkanlah iman kami sehingga kami selalu percaya akan firman-Mu. Tolonglah kami untuk memberitakan firman-Mu yang mengasihi segala bangsa. Amin.

Program Baca Alkitab Setahun11 Juli                                      Amsal 22-24

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here