Melibatkan Tuhan dalam Setiap Perkara

Bilangan 27:5

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, banyak persoalan harus diputuskan seadil-adilnya. Keputusan tersebut menyangkut nasib banyak orang dan masa depan orang yang dipimpinnya.

Kepemimpinan Musa di tengah umat Israel mengalami banyak sekali tantangan. Sebelum ia menyerahkan kelanjutan kepemimpinan kepada Yosua, ia harus menyelesaikan berbagai persoalan, di antaranya pembagian tanah milik pusaka, keturunan Zelafehad.

Musa adalah seorang pemimpin yang disertai Tuhan, karena itu ia tidak kehilangan cara untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.  Ia  membawa perkara umat ke hadapan Tuhan. Jadi ia tidak sendiri dalam setiap pengambilan keputusan. Tuhan akan memberi petunjuk dan jalan keluar yang harus dilakukannya.

Setiap keluarga pasti sering mengalami persoalan yang harus disikapi dan dicarikan jalan keluarnya. Dari Firman Tuhan ini, kita belajar bagaimana menghadapi dan menyelesaikan pergumulan kita. Bukan dengan mengandalkan kekuatan dan kepintaran manusiawi semata melainkan yang utama menghadapkan setiap masalah kepada Tuhan. Dengan melibatkan Tuhan dalam pergumulan, maka kita akan merasakan Allah turun tangan menolong kita. Seperti Firman-Nya, Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang mengasihi Dia. Tuhan Yesus memberkati Firman-Nya. Terpujilah nama Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, tolonglah kami dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap persoalan. Berilah petunjuk dan kehendakMu bagi kami. Amin.