Korban Pengganti

Kejadian 22:13-14

     Dalam ungkapan iman Kristen bahwa seharusnya kita yang dihukum di ‘kayu salib’ tetapi oleh karena kasih Tuhan maka kita digantikan oleh Yesus Kristus sebagai korban pengganti yang sempurna bagi kita.

Dalam bacaan kita hari ini, setelah Abraham melewati ujian iman karena kesetiaannya kepada Tuhan, maka ia mempersembahkan seekor domba jantan sebagai kurban pengganti. Abraham melihat bahwa domba jantan tersebut yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Tuhan telah meyediakan korban pengganti Ishak yang seharusnya dia yang disembelih tetapi karena kuasa Tuhan hal ini tidak terjadi. Janji Tuhan memang sejak lama telah dinyatakan kepada Abraham yang adalah garis keturunan Tuhan Yesus. Tuhan Allah memberikan domba jantan sebagai pengganti karena Tuhan mau menjadikan Ishak yang olehnya menjadi bangsa yang besar.

Sebagai keluarga  marilah kita jadikan iman Abraham sebagai motivasi untuk hidup bahagia dalam ketaatan kepada Tuhan sekalipun dalam tekanan berbagai pergumulan, Tuhan tetap menyediakan berkat-berkat-Nya kepada kita. Dan sebagai “penggantinya” atas keselamatan yang Tuhan berikan kepada kita maka kita mengembalikan itu dalam bentuk memberi persembahan baik tubuh kita maupun harta yang kita miliki. Amin.

Doa: Tuhan Yesus tolong kami agar selalu memiliki keyakinan, ketaatan dan kesetiaan seperti Abraham selaku orang beriman. Amin