Doa dan Puasa

Ezra 8:21

Doa dan puasa adalah salah satu sarana yang dipergunakan umat Tuhan untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Kita percaya doa dan puasa adalah kekuatan yang paling utama, memiliki kuasa yang besar menghadapi beban hidup, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus pada Tuhan akan menggerakkan tangan Tuhan untuk bertindak sehingga segala perkara dapat terjadi, dan yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin, dan dari hal yang mustahil menjadi Ya dan Amin. Tapi harus diingat bahwa doa dan puasa bukan semacam remote control untuk mengendalikan Allah dari jauh.

Saudara-saudaraku mari kita pelajari pembacaan hari ini Ezra 8:21. Ezra mendemonstrasikan imannya dengan mengajak seluruh orang Israel yang akan mangadakan perjalanan dari pembuangan menuju Yerusalem dengan berdoa dan berpuasa. Ezra menyadari perjalanan kembali tersebut tidaklah mudah, tapi sebaliknya penuh resiko. Bukan tidak mungkin ada bahaya mengancam mereka. Bagi Ezra, tidak ada jalan lain selain merendahkan diri kepada Tuhan, memohon belas kasihan-Nya, memohon perlindungan Tuhan, berserah diri sepenuhnya kepada Tuhan, dengan berdoa dan berpuasa. Dengan demikian perjalanan mereka aman dan tentram.

Saudara-saudaraku sebagaimana Ezra menganggap doa dan puasa begitu penting dalam hidupnya untuk mengatasi situasi dan kondisi yang sangat sulit, demikianpun dengan kita saat ini. Marilah kita tumbuh kembangkan doa dan puasa dalam keluarga kita sebagai proses pendewasaan iman kepada Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan, bangunlah iman kami untuk selalu terarah kepadamu dengan terus melatih diri kami dengan melakukan doa dan puasa. Amin.