Hadiah Kesetiaan

Wahyu 22:12

Yang tekun akan mendapat upah. Yang setia akan mendapat balasan. Tapi upah (Yunani: misthos artinya hadiah, jawaban atas janji setia)  di sini  bukan  sebagai bentuk investasi  moral, dalam dunia bisnis sebagai investasi modal, di mana harus mendapatkan balasannya  berlipat, melainkan   ini seperti menerima mahkota kemenangan bagi mereka yang bertahan terus dengan berlari  sampai di garis akhir.  Ini tidak lain dari anugerah Allah di dalam Kristus yang telah diberikan kepada mereka yang  menerima-Nya.

Dalam kebiasaan Romawi upah  baru dapat diterima bila setia dan taat melakukan undang-undang kekaisaran, termasuk menghormati dan menyembah kaisar dengan setia. Dalam kekristenan, upah itu adalah hadiah atau mahkota yang sudah diterima  dan akan dinyatakan secara sempurna ketika Tuhan Yesus  datang kembali. Jemaat yang berada dalam tekanan dan aniaya itu diingatkan untuk tetap memiliki semangat dan gairah rohani hidup dalam ketaatan  sampai akhir.

Karakteristik  kehidupan Kristen adalah mengucap syukur karena menerima  upah, hadiah atau mahkota keselamatan dari Kristus.  Ajaran ini yang menjadi sumber yang teguh dan memotivasi warga gereja berkarya dengan penuh dedikasi di mana saja.  Kehidupan yang demikian berakar kokoh dalam keluarga di mana suami istri dan anak-anak  dalam semangat dan gairah rohani berlomba-lomba melakukan kebenaran sebagaimana yang Tuhan kehendaki.

Doa: Tuhan Yesus hentarlah kami sebagai anak-anak-Mu yang telah menerima upah, hadiah atau mahkota untuk selalu setia dan bersukacita mengikuti Engkau. Amin