Perlunya Kerendahan Hati

Kejadian 50:18

Sering kita mendengar orang mengatakan bahwa hidup adalah sebuah perjuangan. Benar, dan yang diperjuangkan bukan semata popularitas, jabatan, kekuasaan atau harta kekayaan tapi juga kerendahan hati. Dibutuhkan  perjuangan, untuk  menjadi seorang yang memiliki kerendahan hati sebab tidaklah mudah melawan ego dan meruntuhkan kepentingan pribadi. Banyak orang kehilangan kesempatan untuk hidup rukun dan damai serta membangun komunikasi yang baik disebabkan karena keangkuhan diri yang mendominasi bukannya kerendahan hati.

Menarik untuk memperhatikan sikap  saudara-saudara Yusuf yang  tidak hanya berusaha memakai orang lain untuk menyampaikan pesan ayah mereka, agar kesalahan mereka diampuni tapi juga berusaha datang secara langsung menjumpai Yusuf, sujud dihadapannya dan berkata bahwa mereka rela menjadi budaknya. Sikap saudara-saudara Yusuf ini menunjukan kerendahan hati mereka.

Keluarga Kristen yang diberkati Tuhan, kita diajak untuk memiliki sikap kerendahan hati. Sebab kerendahan hati dapat membukakan jalan untuk menjalin kasih sayang, keakraban dan kekeluargaan. Amin.

Doa: Ya Tuhan, kami membuka diri kami agar kuasa-Mu terus bekerja menghalau kekerasan hati dan memberikan kami kerendahan hati.Biarlah kami selalu hidup saling mengasihi, mengampuni dan menghargai, menjadi berkat dalam kehidupan ini. Amin.