Janganlah Bimbang

Roma 14:23

        Bimbang artinya merasa ragu-ragu untuk mengambil keputusan. Dan hal ini adalah sesuatu yang tidak baik, apalagi untuk melanjutkan suatu pekerjaan. Paulus menyebutkan orang-orang yang makan dalam keragu-raguan, mereka sedang menghukum diri mereka sendiri. Dalam hal ini Paulus mau memberi pandangannya bahwa semua orang punya suara hati sehingga bila seseorang melakukan sesuatu yang bertentangan dengan suara hatinya maka ia akan terhukum oleh dirinya sendiri, termasuk dalam soal makanan. Demikian juga dengan iman bahwa segala sesuatu yang tidak dilakukan berdasarkan keyakinan imannya, maka itu adalah dosa. Rasul Paulus mengingatkan umat Tuhan supaya memiliki ketegasan dalam bersikap apalagi dalam melakukan firman Tuhan.

Hari ini, kita merayakan hari lahirnya Pancasila. Karena itu sebagai warga negara kita dituntut untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945  dan hal ini harus kita sikapi dan jalani dengan keyakinan iman tanpa rasa bimbang. Kebimbangan sebenarnya bukan hanya menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain, tapi juga merusak komitmen iman kita untuk melayani Tuhan. Karena itu Paulus mengatakan bahwa segala sesuatu yang dilakukan tidak berdasarkan iman adalah dosa.

Sebagai keluarga Kristen,  kita diajak untuk membenahi kehidupan iman kita agar supaya kita dapat melangkah dan melakukan segala sesuatu dengan optimis berdasarkan iman. Terpujilah nama Tuhan. Amin.

 

Doa: Ya Tuhan, patahkanlah kebimbangan dihati kami, agar dengan iman kami dapat melayani Engkau dengan sepenuh hati. Amin.