Tuhan Melindungi

Kejadian 4:15-16

Kita  percaya bahwa kasih setia Tuhan tidak pernah berkesudahan dan rahmat-Nya selalu baru setiap pagi (Rat. 3:22-23), dan Tuhan akan selalu melindungi setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Bacaan Firman Tuhan hari ini, menunjukkan bahwa Tuhan menaruh tanda kepada Kain dan dalam kemurahan-Nya, Ia menjamin akan senantiasa menyertai dan melin-dunginya. “Tanda” pada Kain  menunjukkan bahwa ia adalah milik Tuhan, dilindungi sepenuhnya oleh Tuhan. Ia mem-peroleh kasih dan kemurahan Tuhan sehingga ia tidak dibunuh oleh siapapun yang berjumpa dengannya. Dengan perlindungan Tuhan, ia melanjutkan kehidupan di tanah Nod. Tanah Nod adalah tanah pengembaraan atau pelarian yang terletak di sebelah timur taman Eden. Nod menyinggung nama julukan yang diberikan Tuhan kepada Kain, yaitu “orang pengembara”, di tanah Nod. Kain akan menggenapi apa yang telah dinubuatkan oleh Tuhan mengenai kehidupannya pada masa depan. Walaupun dengan sedih tapi dengan tenang Kain kemudian berjalan memasuki wilayah gersang yang tak berujung, yakni daerah yang tidak dikenal.

Sebagai keluarga Kristen kita menyakini  bahwa dalam keberdosaan kita, Tuhan tetap mengasihi dan melindungi kita. Namun kita dituntut untuk hidup baru dalam Tuhan Yesus. Percaya kepada Tuhan berarti melakukan segala sesuatu yang diperintahkan-Nya kepada kita. Oleh sebab itu, marilah kita menjauhi yang jahat, dan melakukan yang baik, serta mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya (Mzm.34 : 15).

Doa: Ya Tuhan Yesus Juru Selamat kami, berilah perlindungan kepada kami, dan jauhkanlah kami dari berbagai pencobaan dan marabahaya. Berilah kami berkat-berkat-Mu untuk melanjutkan kehidupan yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Amin.