Bangunlah, Mari Berjalan Bersama Yesus

Yohanes 14:28-31

Tugas dan panggilan gereja yaitu  bersekutu, bersaksi dan melayani digerakan oleh Roh Kudus dalam tugas-tugas tersebut. Gereja harus bangun dan pergi untuk pemberitakan kabar baik dalam konsisi  baik atau tidak baik waktunya. Roh Kudus tetap teguh menolong, menuntun serta memelihara gereja-Nya.

Bacaan Firman Tuhan hari ini menjelaskan bahwa Yesus memahami situasi dan kondisi yang akan dihadapi para murid-Nya, setelah Dia pergi kepada Bapa untuk mempersiapkan tempat bagi mereka dan orang percaya. Dia menguatkan mereka dengan nasihat-nasihat agar mereka tetap percaya bahwa walaupun Dia akan pergi tetapi akan kembali dengan mengaruniakan Roh Kudus dan Damai Sejahtera. Tujuannya agar para murid tetap percaya dan mengasihi-Nya serta melakukan kehendak-Nya.  “Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu bersukacita….” Kepergian Yesus kepada Bapa-Nya adalah  bukti kemenangan-Nya atas maut dan bukti ketaatan-Nya kepada Bapa yang mengutus Yesus. Tetapi, kepergian-Nya tidak akan membuat murid-murid gelisah dan gentar, karena Roh Kudus menyertai  dan damai sejahtera menguatkan mereka. Jadi, jika mereka tetap mengasihi-Nya pasti mereka akan menikmati sukacita dan meneguhkan percaya mereka pada Yesus.  Saatnya telah tiba,  penguasa dunia datang untuk menangkap Dia, tetapi ia tidak berkuasa sedikitpun atas Yesus. Yesus akan mati, tetapi Dia bangkit dan hidup selama-lamanya. Karena itu, ajakan Yesus pada murid-murid-Nya untuk bangun dan pergi dalam langkah pasti bersama-Nya.

Sebagai keluarga Kristen,  mengajak kita untuk bangun (bangkit) dan pergi (berjalan) bersama dengan-Nya agar segala kegelisahan dan kegentaran, ketakutan dan perasaan tertekan terhalau dari kehidupan. Yesus Kristus dalam kuasa Roh Kudus mendorong kita untuk terus maju mengabarkan Injil. Damai sejahtera Kristus menyertai kita.  Amin.

 

Doa:  Ya Tuhan Yesus, tolong kami untuk bangun dan pergi  memberitakan Injil. Ajarilah kami supaya kami  memiliki  damai sejahtera yang Tuhan Yesus berikan kepada kami. Amin.