Yesus Pahlawan dan Juruselamat

Yohanes 19:15-16a

          Peristiwa penyaliban Yesus adalah sesuatu yang sangat mengagumkan, sebab sementara Pilatus tidak mampu mem-bebaskannya, Yesus tidak keberatan, ketika orang banyak berteriak “enyahkan Dia, salibkan Dia, dalam hal ini pun Yesus tidak memberi komentar atau pembelaan diri, bahkan ketika orang Yahudi menyangkali Allah sebagai Raja dan Tuhan mereka, bahkan mengakui kaisar sebagai raja mereka, Yesuspun tidak menyanggahnya. Inilah alasan yang mendasar untuk menyatakan kekaguman yang dimiliki oleh Tuhan Yesus.

Sekarang ini, kita sedang berada dimasa antara Jumat Agung dan Paskah Kebangkitan Yesus. Kiranya waktu ini tidak berlalu dengan percuma; marilah kita menuntun diri kita sebagai orang percaya untuk terus merenungkan keagungan Yesus dalam diri kita, agar kita dapat dengan hikmat dan iman menikmati karya selamat yang dilakukan oleh Allah melalui diri Yesus Kristus.

Yesus telah menjadi pahlawan dalam memperjuangkan terciptanya Kerajaan Allah di bumi ini dan Ia telah secara nyata menjadi Juruselamat untuk menebus dosa dan menyelamatkan kita dari jurang kebinasaan.

Karena itu, marilah kita terus berpaut pada kuasa-Nya dan terus bersaksi tentang kemuliaan dan keagungan kuasa-Nya. Amin.

 

Doa: Ya Tuhan Yesus oleh karena kepahlawanan-Mu kami dapat menikmati damai sejahtera dan oleh karena pengorbanan-Mu kami diselamatkan. Karena itu terpujilah Engkau untuk selama-lamanya, dan bimbinglah kami, agar selalu mengandalkan kuasa-Mu. Amin.