Hormatilah Semua Orang dalam Keadilah dan Kasih

Roma 13:7

          Firman saat ini,  berbicara tentang keadilan dan kasih. Berlaku adil berarti memberikan kepada semua orang apa yang pantas mereka terima. Tetapi pertama-tama berilah kepada Allah apa yang berhak diterima-Nya lalu kepada negara, kepada jemaat dan kepada mereka yang patut menerima pelayanan kasih. Berilah dengan senang hati dan rela, jangan menunda-nunda sampai kamu dipaksa oleh hukum untuk melakukannya. Paulus secara khusus menyebutkan pajak kepada mereka yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai. Paulus mendesak untuk membayar semuanya itu dengan adil dan jujur.

Selanjutnya Paulus mengatakan berikan rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut  dan hormat kepada mereka yang berhak menerima hormat. Hal ini menunjuk kewajiban yang di tuntut dari kita bukan hanya kepada pemerintah, melainkan juga kepada semua yang ada di atas kita   seperti orang tua, majikan, atasan  dan dilakukan dalam ketaatan kepada Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, ajarlah kami mengasihi semua orang dengan cara yang layak untuk mereka terima agar mereka dapat menikmati kasih. Amin.