Mengabaikan Keadilan dan Kasih

Lukas 11:42

Ada ungkapan yang mengatakan:“memiliki hikmat keadilan namun tanpa kasih adalah kesewenang-wenangan”. Hal ini mau menjelaskan bahwa tidak cukup hanya memiliki hikmat dan mempraktekkan keadilan jika tidak didasarkan pada kasih. Kenyataan yang ada, keadilan hukum sering tidak memihak pada rakyat kecil dan tidak mampu. Dalam pelayanan gerejapun sering mereka yang kurang mampu dan miskin terlewatkan atau bahkan diabaikan.

Firman hari ini, berisikan tentang sebuah ketaatan pada agama (gereja) dengan mentaati semua aturan dan  ketentuan juga tanggungjawab iman dengan memberi persepuluhan. Hal yang benar, tapi dalam praktek kehidupan kasih Tuhan tidak nampak dalam sikap dan gaya hidup. Maka kata Tuhan, celakalah kamu, yang mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang Tuhan ingin adanya keutuhan dan keseimbangan dalam pelayanan kepada-Nya dan kepada sesama. Tidak ada pengabaian atau berat sebelah. Pelayanan yang utuh inilah yang diperkenan-Nya. Keadilan harus selalu didasarkan pada kasih dan memiliki kasih berarti kita mampu melakukan keadilan.

Keluarga Kristen, kitadiingatkan untuk tidak mengabaikan salah satu hal-hal yang baik. Semua yang yang baik, positif dan membangun kehidupan mari kita perjuangkan dan lakukan. Keadilan dan kasih harus terus  kita nyatakan dalam hidup. Amin.

Doa:Tuhan Yesus, anugerahi kami hikmatMu dan mampukan kami untuk mempraktekkan keadilan dan kasih supaya tidakterjadi pengabaian dalam kami melakukannya. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here