Doa Sebagai Sarana Perdamaian

Matius 6:14-15

Dengan mengampuni berarti kita membuka hati untuk perdamaian terhadap semua orang. Oleh sebab itu, saat kita berdoa dan memohon pengampunan atas kesalahan kita kepada Dia, maka Tuhan kita juga akan mengampuni setiap orang yang bersalah kepada-Nya. Hal ini sangat penting karena ada orang yang sulit sekali untuk mengampuni atau memberi maaf pada orang lain yang menyakitinya.

Yesus mengajarkan bahwa jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, maka Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Doa yang benar antara lain adalah ketika kita memberikan pengampunan pada orang lain maka kita beroleh  pengampunan Tuhan. Sebab jikalau kita tidak mengampuni orang yang telah menyakiti kita, itu merupakan pertanda bahwa kita  tidak memiliki persyaratan untuk menerima pengampunan dari Tuhan.

Sebagai keluarga Kristen, kita diingatkan oleh Tuhan yang   menawarkan anugerah keselamatan dengan syarat yang pantas dalam hal pengabulan doa kita, melalui pengampunan dan perdamaian dengan semua orang. Kita selalu meng-inginkan perdamaian dan kasih mesra, sebagaiamana nats firman Tuhan berkata: Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium ciuman (Mazmur 85:10). Amin.

 Doa: Ya Tuhan, mampukanlah kami mengasihi orang yang menyakiti kami supaya ada perdamaian dan kasih mesra di antara sesama kami. Amin.