Berbuat Sesuai Dengan Firman Tuhan

1 Samuel 16:3-4a

Samuel adalah sosok nabi yang sepanjang hidupnya mau mendengar dan melakukan kehendak Tuhan. Sejak kanak-kanak, ia telah dilatih oleh imam Eli untuk mendengar suara Tuhan (1 Sam 3:9,10), maka diusia tuapun ia tetap membuka hati dan telinganya mendengar suara Tuhan.

Bacaan hari ini menceritakan tentang Samuel yang mengundang  Isai datang ke upacara pengorbanan. Selanjutnya ia menunggu perintah Tuhan untuk mengurapi orang yang dipilih-Nya. Samuel tidak bertindak gegabah atau melakukan sesuai dengan kata hatinya dan pikirannya sendiri. Ia berbuat seperti yang difirmankan Tuhan.

Orang tua yang menyadari pentingnya pendidikan karakter anak, harus membiasakan mereka membaca Alkitab setiap hari dan melakukan kehendak Tuhan. Dengan cara sederhana dan tindakan yang nyata orang tua mengajar sambil melakukan apa yang diajarkannya (teaching by doing). Nasehat dan bimbingan orang tua sangat bermanfaat sebab apa yang mereka contohkan berkaitan dengan kehidupan keseharian. Inilah peran strategis orang tua sebagai guru iman bagi anaknya.

Bila anak-anak tidak dilatih dan dibiasakan  membaca alkitab, berdoa dan beribadah maka ada kemungkinan mereka akan terbiasa menutup hati dan telinganya dari Firman Tuhan. Akibatnya mereka menjadi anak-anak yang suka membangkang, tidak taat dan sulit diatur. Akhirnya mereka lebih suka mendengar suara si jahat yang menghancurkan kehidupan mereka.

Ibu dan Bapa sebagai pengajar iman harus membiasakan anak sejak usia dini mendengar dan melakukan Firman Tuhan supaya sepanjang hidup mereka akan terus berjalan di jalan yang dikehendaki Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan tolonglah kami untuk rajin membaca Alkitab, dan hidup sesuai dengan FirmanMu supaya kami boleh berjalan sesuai dengan petunjukMu. Amin.

SHARE
Ingin Publikasi informasi kegiatan jemaat/wilayah atau kegiatan apa saja tentang GMIM di website ? Silakan Hubungi Bidang Data dan Informasi Telp : (0431) 352123 Email : info@gmim.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here