Hidup Melarat

Lukas 15:14-16

Banyak faktor yang membuat ekonomi seseorang membu-ruk antara lain:  adanya kelalaian,  sengaja hidup berfoya-foya,  hidup yang  spekulatif. Kondisi seperti ini akan lebih parah lagi jika  terjadi bencana alam seperti:  banjir, kemarau, puting beliung atau kelaparan dan lainnya.

Dalam bacaan hari ini apa  yang dialami oleh seorang anak yang hilang ialah  uang hasil penjualan hartanya habis bersamaan dengan terjadinya bencana kelaparan di negeri tempat pelarian-nya itu. Keterpurukan itulah yang  membuat ia  rela melakukan apa saja untuk memenuhi kebutuhan perutnya demi kelang-sungan hidup. Ia  melakukan suatu pekerjaan memberi makanan pada babi, padahal dalam masyarakat Yahudi itu adalah pekerjaan yang najis, ketika ia bekerja kepada orang bukan Yahudi. Pesan moral bagi kita bahwa menata kehidupan penting karena sangat menentukan kesejahteraan yang bersangkutan, bahkan itu berdampak pada suatu keharmonisan kehidupan dengan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Keluarga Kristen yang menata kehidupan ekonominya  dengan benar dan sehat akan menjadi berkat bagi masyarakat yang berada di sekitarnya. Tidak akan menjadi beban atau masalah dalam masyarakat, tetapi selalu  memberi jalan keluar bagi lingkungannya. Amin.

Doa: Bapa sorgawi ampunilah kami karena terkadang kami lalai dalam melaksanakan amanatMu, dan mampukan kami untuk mengelola ekonomi dengan baik. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.