Kemenangan dan Keselamatan Karena Iman

Ibrani 11:30-31

Seperti yang dikisahkan dalam Yosua 6, bahwa sebelum Kota Yerikho dijatuhkan, semua orang Isarel, para prajurit dan imam-imam membawa Tabut Perjajian serta tujuh orang Imam yang membawa sangkakala. Enam hari lamanya mereka mengelilingi kota Yerikho sehari satu kali tanpa suara. Pada hari ketujuh, enam kali mereka mengelilingi kota itu masih tanpa suara,  namun pada saat  ketujuh kalinya sangkakala ditiup dan umat Israel bersorak-sorak sebab Tuhan telah menyerahkan kota ini kepada Israel. Dari kisah ini kita dapat saksikan akan keyakinan yang sangat kuat dari umat Israel pada  perintah Tuhan melalui Yosua. Prosesi mengelilingi kota Yerikho sampai tujuh hari mengingatkan kita pada saat penciptaan langit dan bumi selama enam hari dan hari ketujuh merupakan kekudusan/sabat bagi Tuhan. Israel yang lemah dari segi peralatan perang, tetapi kekuatan Allah yang dahsyat dapat meruntuhkan kota Yerikho. Hal yang sangat menakjubkan bagi kita adalah Tuhan Allah memakai Rahab (perempuan sundal) yang bukan orang Israel, menolong dua orang pengintai sebab ia tahu Tuhan akan menjatuhkan kota ini (Yosua 2:9),  akibatnya ia diselamatkan (Yosua 6:25).

Dari Rahab, kita pelajari bahwa Tuhan melibatkan orang yang dianggap berdosa/najis  untuk melaksanakan rencana selamat-Nya bagi manusia.  Bukankah kita yang berdosa ini dipanggil dan dipilih  Tuhan untuk dapat memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan sesuai dengan karunia-Nya?  Karena itu  sekalipun  memiliki kekurangan, kelemahan dan dosa, marilah kita  sebagai keluarga Kristen memberi ruang bagi kuasa Allah supaya apa yang dianggap mustahil, bagi Allah tidak. Bukankah seringkali pikiran kita mengatakan tidak mungkin ada harapan dalam situasi tertekan, menderita, dll. Akan  tetapi iman dapat memberi kemampuan untuk melihat hal yang lebih indah. Menarik bagi kita syair lagu: “…bagi Tuhan tak ada yang mustahil, bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin, mujizat-Nya disediakan bagiku, ku diangkat dan dipulihkan-Nya”. Amin.

Doa: Ya Tuhan kami bersyukur akan  kuasa-Mu yang yang memberi kemenangan dan keselamatan. Kami akan selalu mengandalkan kuasa-Mu dalam seluruh kehidupan ini. Amin. 

SHARE

Ingin Publikasi informasi kegiatan jemaat/wilayah atau kegiatan apa saja tentang GMIM di website ?
Silakan Hubungi Bidang Data dan Informasi
Telp : (0431) 352123 Email : info@gmim.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here