Dimata Tuhan Semua Orang Memiliki Hak yang Sama

1 Korintus 9:4-10

Setiap orang akan merasa senang bila dihargai. Karena itu ada ungkapan sekarang ini menyebutkan “tidak ada yang gratis di bawah kolong langit”. Bila ungkapan ini di jadikan landasan hidup dalam satu komunitas orang beriman, maka setiap orang mempunyai hak yang sama. Untuk mendapatkannya, nilai dari pada penghargaan itu bukan saja terletak pada berapa jumlahnya, melainkan perjuangannya dan pengorbanannya di hargai sama dengan orang lain.

Rasul Paulus menjelaskan bahwa tiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan upah. Hal ini dijelaskan dengan kalimat-kalimat pertanyaan dan bukan kalimat-kalimat pernya-taan, agar supaya terbuka cakrawala berpikir dari orang yang ada di Korintus. Paulus mendasarkan pertanyaan-pertanyaan itu kepada hal praktis menurut pikiran manusia dan kepada Hukum Taurat (Firman Tuhan) sebagai landasan iman. Jadi bila ditinjau dari sudut pandang pikiran manusia sudah sangat layak untuk mendapatkan upah dari usahanya, apalagi dari sudut pandang firman Tuhan.

Sebagai keluarga kristen adalah hal yang baik jika memiliki pandangan bahwa tiap anggota keluarga memiliki hak yang sama menurut peran masing-masing di dalam keluarga dan setiap orang menerima haknya sesuai dengan kasih karunia Allah. Dengan demikian orang akan berkata bahwa kita adalah keluarga yang dapat di teladani, manusiawi dan dengar-dengaran terhadap firman Tuhan. Amin.

Doa: Tuhan Allah di dalam Roh Kudus, mampukanlah kami memiliki pola pikir bahwa semua orang berhak mendapat sesuatu dari pekerjaannya dan sadarkanlah kami untuk bertindak sesuai pola pikir tersebut. Agar kami tidak hanya mau menerima, tapi juga mau memberi. Amin.

SHARE

Ingin Publikasi informasi kegiatan jemaat/wilayah atau kegiatan apa saja tentang GMIM di website ?
Silakan Hubungi Bidang Data dan Informasi
Telp : (0431) 352123 Email : info@gmim.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here