Tuhan Sumber Pertolongan

Ezra 8:18-20

Tak dapat disangkal oleh siapapun bahwa setiap orang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya. Sukses dalam studi, pekerjaan dan keluarga. Untuk meraih kesuksesan manusia berusaha dan berjuang. Ada dengan cara mengandalkan kekuatan diri sendiri malahan ada dengan menghalalkan segala cara. Sikap yang sangat memprihatinkan, tidak heran yang ada bukan kesuksesan tapi kegagalan.

Keluargaku, Firman Tuhan yang baru kita baca dalam Ezra 8:18-20 menunjukan kepada kita bahwa hanya Tuhan yang dapat membuat rencana manusia berhasil “karena tangan murah Allah itu melindungi kami, didatangkanlah mereka kepada kami orang-orang yang berakal budi dari Bani Mahli bin Lewi bin Israel”. Ezra punya rencana yang sangat baik  yaitu mengajar orang Israel yang kembali dari buangan ke tanah air mereka Yerusalem tentang setia dan taat kepada Tuhan agar mereka tidak mengalami lagi hukuman Tuhan. Ezra membutuhkan orang lewi yang akan melayani peribadatan mereka di rumah Tuhan. Tuhan menggerakkan hati Ido, kepala di Kasifya (Ezra 8:17a) sehingga ia mengirimkan orang-orang lewi yang akan membantu Ezra (ayat 18b-20). Karena Tuhan, kerinduan Ezra ini boleh terealisasi. Firman ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi umat Tuhan.

Sebagai keluarga Kristen, kita diingatkan melalui bacaan ini bahwa penentu keberhasilan seseorang termasuk keluarga kita adalah Tuhan Allah. Hal ini tidak boleh kita abaikan, keberhasilan sejati hanya bisa dicapai kalau kita menghadirkan Tuhan. Pemazmur 127:1 “berkata jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah sia-sialah usaha orang yang membangunnya. Jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga”. Di luar Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa. Amin.

Doa: Ya Tuhan, teguhkanlah iman kami kepada-Mu, yakinkanlah kami bahwa Engkaulah penentu keberhasilan dalam hidup agar kami selalu mengandalkan Engkau dalam setiap rencana dan usaha kami. Amin.