Bekerja Efisien dan Efektif

Mazmur 104:23

Sejak penciptaan alam semesta dan manusia, Tuhan Allah telah memandatkan  untuk mengusahakan dan memelihara bumi ini (Kejadian 2:15). Manusia bebas bekerja untuk memperoleh makanan dan minuman sambil menperhatikan kelestarian alam ini.

Firman Tuhan: “Manusia pun keluarlah ke pekerjaannya dan ke usahanya sampai petang”,  bermaksud  bahwa manusia tidak tidur atau diam di rumah sebagai tempat perteduhan, melainkan keluar atau pergi (goes out) untuk bekerja di tempat pekerjaannya dan usahanya. Siang hari merupakan waktu yang efektif bagi manusia untuk bekerja, karena mata manusia tidak dapat melihat di malam hari seperti binatang/hewan nokturnal. Sebuah lagu sekolah minggu jaman dulu: “Hai anak sekolah minggu bekerja dengan rajin…”, mengajar anak untuk rajin bekerja.

Sekarang ini ada begitu banyak bidang pekerjaan dan usaha yang digeluti oleh manusia. Bidang pertanian, perkebunan, peternakan, jasa, abdi Negara, pedagang, wirausaha, dan lain-lain. Dari semua bidang pekerjaan dan usaha itu tentu saja kita dibatasi oleh waktu, karena sampai petang menunjukkan waktu untuk berhenti dari pekerjaan. Petang, menunjukkan bahwa hari menjelang malam. Malam hari adalah waktu untuk istirahat/ berhenti dari pekerjaan. Sekalipun demikian jaman now (sekarang) ini ada yang  berkerja (sesuai pengaturannya)  diwaktu malam (dinas malam). Bila manusia dapat bekerja di malam hari itu karena ada alat penerangan sebagai sumber cahaya.

Marilah kita setia menggunakan waktu untuk bekerja dan berusaha dengan rajin, cerdas dan tuntas. Dalam kitab Amsal 12:24 dikatakan: ”Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa”. Selamat bekerja! Amin.

 Doa: Ya Tuhan, anugerahkan kesetiaan dan kekuatan bagi kami agar dapat melakukan pekerjaan dengan penuh sukacita. Amin.