Doa Bagi Bangsa

Yeremia 29:7

          Keluargaku yang dikasihi dan diberkati Tuhan, berada di suatu negeri yang baru dan berbeda dari tempat asal kita secara tiba-tiba dan tanpa direncanakan, dapat membuat kita tidak tenang dan resah.

          Ketika rakyat Yehuda di Babel didera kegalauan seperti tidak ada harapan, mereka dihiburkan dengan surat dari nabi Yeremia, yang memberi semangat supaya mereka tetap berkarya walau berada dalam pembuangan. Umat Tuhan didorong untuk berperan aktif dalam menciptakan kesejahteraan kota dimana mereka tinggal, di antaranya melalui doa bagi negeri Babel, karena itulah yang dikehendaki Tuhan.

Keluargaku yang kekasih, kota yang kita diami adalah anugerah Allah bagi kita. Maka sebagai keluarga, kita terpanggil dalam misi Gereja untuk turut bertanggung jawab dalam mengusahakan kebaikan negeri tempat kita berpijak. Kita melaksanakan kewajiban dan hak, sebagai upaya memajukan kota; di antaranya membayar pajak, menjaga kelestarian lingkungan dengan hemat listrik dan air, membuang sampah pada tempatnya, menghijaukan lingkungan hidup dengan tumbuh-tumbuhan yang berguna, mendoakan pemerintah dan rakyat serta bangsa kita dan kota tempat kita diami dan berkarya.

Kita juga dapat menciptakan kota yang maju, sejahtera dan makmur melalui perilaku setiap warga negara termasuk kita keluarga yang senang bekerja keras, belajar sungguh-sungguh, loyal terhadap atasan, tidak anarkis, suka berdamai, ramah dan berbuat segala yang baik.

Doa:   Tuhan Yesus, terima kasih untuk bangsa yang Engkau berkati bagi kami. Mampukan kami bersama segala elemen bangsa, membangun dan memakmurkan bangsa dan kota kediaman, juga tempat berkarya kami melalui segala talenta yang Engkau anugerahkan. Dalam nama-Mu kami berdoa. Amin.