Fenomena Alam Sebagai Pembelajaran Iman

Kejadian 6:13

           Bila kita melihat berbagai peristiwa mengerikan dari berbagai tempat dimuka bumi ini, baik bencana alam maupun peperangan, maka kita selalu prihatin dan iba melihat banyaknya korban yang berjatuhan. Sementara itu, berbagai pihak membangun opini untuk memberi penilaian atas setiap peristiwa yang terkadang membingungkan dan menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Tetapi sayang dari berbagai opini hampir tidak pernah disinggung bahwa Tuhan Allah ada di dalam berbagai peristiwa.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa setiap peristiwa dalam kehidupan kita selalu ada hubungan-nya dengan kehendak Tuhan Allah. Walaupun dalam peristiwa yang kita alami setiap hari sering dianggap hanya sebuah kebetulan atau hanya sebuah fenomena, misalnya banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan lain-lain, lalu kita mulai menyalahkan orang lain dan menyalahkan pemerintah. Sangat jarang kita menghubungkannya dengan peristiwa Allah, dimana Allah menegur, memperingatkan atau meng-hukum manusia dengan berbagai peristiwa alam (Yehezkhiel 6:10; 33:29). Tuhan Allah menegur dan memperingatkan kita agar kita selalu berseru kepada-Nya. Ia menghukum agar kita bertobat dan berbalik kepada-Nya.

Oleh karena itu Firman Tuhanini mengajak kita sebagai keluarga kristenuntuk belajar memahami kuasa dan tindakan Allah melalui berbagai peristiwa di dalam dan di sekitar kehidupan kita, agar dari hari ke hari iman kita terbangun untuk selalu setia kepada-Nya. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, ajarilah kami untuk memahami kehendak-Mu, bukan hanya melalui kata-kata Firman, tapi juga dari setiap peristiwa di sekitar kami, agar kami selalu menuruti kehendak-Mu. Amin