Hidup Berfoya-foya

Lukas 15:13

Seseorang yang hidup dalam pemborosan atau hidup berfoya-foya adalah orang yang tidak menghargai berkat Tuhan. Ia tidak menyadari bahwa hidup ini adalah anugerah atau pemberian Tuhan Yesus, yang harus dimaknai dengan baik. Mengelola  hidup dan  hasil karya adalah sebuah respon iman kita kepada Tuhan Yesus yang sudah menyelamatkan, menjaga, memelihara, melindungi dan  memberkati kita.

Anak bungsu ini tidak tahu berterima kasih kepada bapanya yang telah membesarkan dia serta membuat ia  hidup dalam kelimpahan dan kemewahan. Justru ia mengecewakan bapanya, di mana  dengan kasar ia meminta bagian dari warisannya sebelum waktunya. Lebih menyakitkan lagi bahwa ia rupanya sudah punya rencana yang tidak baik yaitu akan menjual semua bagiannya dan pergi jauh dari rumah bapa ke negeri asing untuk memboroskan hartanya dengan hidup  berfoya-foya.

Sebagai keluarga Kristen janganlah kita jadi seperti anak bungsu yang terjerumus dalam hidup yang berfoya-foya. Hanya ingin mencari kesenangan sesaat dengan mengorbankan kepentingan keluarga yang lain. Mengabaikan aturan-aturan moral yang berlaku seolah-olah hidup di dunia dapat diatur  sesuka sendiri. Tapi jadilah keluarga Kristen yang penuh kasih dengan selalu mengendalikan dan menyangkal diri sebagaimana Tuhan Yesus ajarkan. Amin.

 Doa:  Ya Tuhan, berilah kami hikmat sorgawi supaya kami beroleh hati yang bijaksana dalam mengelola berkat dan karya pengabdian kami kepada gerejaMu, bangsa dan negara. Amin.