Iman Bertumbuh dalam Penganiayaan

2 Timotius 3:11

Melalui kejadian-kejadian di Antiokhia, Ikonium dan Listra Timotius semakin dapat melihat fakta Pekabaran Injil yang juga berkonse-kuensi penderitaan. Bagaikan seorang murid yang mengadakan orientasi langsung di medan pelayanan yang nyata. Penderitaan Paulus bukanlah suatu kemungkinan dalam tugas memberitakan injil, tetapi sebuah kenyataan, contoh langsung yang Timotius saksikan dan alami bersama dalam pelayanan Paulus. Paulus menyebut kota Listra, tempat di mana Paulus bertemu Timotius yang berasal dari kota itu.

Di Listra Paulus menderita penganiayaan (hampir mati). Kata, Tuhan melepaskan aku dari padanya mengingatkan kita kejadian di kota Listra waktu Paulus dilempari batu dan diseret keluar kota karena mereka menyangka bahwa ia telah mati (Kisah Rasul 14). Dalam cerita itu akhirnya Paulus dapat berdiri dan kembali ke kota lalu besoknya melanjutkan perjalanan.

Paulus meyakinkan Timotius dan keluarga kita semua bahwa kitapun dapat melewati penderitaan penganiayaan dalam hidup ini dalam pertolongan Tuhan. Dialah yang akan melepaskan kita sebagaimana kejadian ajaib yang dialami Paulus. Karena itu marilah kita selalu memandang Dia yang mengangkat beban penderitaan kita, niscaya kekuatan dariNyalah yang akan kita miliki. Amin.

Doa: Tuhan Yesus, ketika kami dalam penganiayaan, kuatkanlah ka-mi dalam penderitaan ini. Ingatkanlah kami bahwa Engkau telah mengalami penderitaan paling dalam, paling berat untuk menebus kami dari hukuman dosa. Amin.

Program Baca Alkitab Setahun – 11 Juni Mazmur 36-40

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here